obsesi terhadap maskot

Siapa sih yang gak kenal Pikachu dari serial anime Pokemon? Dalam beberapa bulan belakangan, saya melihat Instagram bukan hanya sebagai tempat belajar, tetapi juga hiburan. Dari instagram, saya kenal dengan kawan baik yang memperkenalkan soal Maskot. Ya bisa dibilang, Pikachu ini tergolong sebagai maskot juga. Yang menarik adalah maskot-maskot seperti Pikachu ini ternyata ada banyak sekali  dan mereka semuanya kebanyakan sangat menggemaskan.

Sebentar, emang si, meskipun saya belakangan aktif di twitter, sesungguhnya saya suka banget dengan twitter alasannya juga sama, tempat belajar dan tempat hiburan (maskot).

Screenshot_20180831_223332~2.png

Obsesi orang-orang Jepang terhadap maskot sangat tinggi. Setiap kota, contohnya, memiliki maskotnya masing-masing. Setiap maskot membawa karakterisasi yang seringkali unik dan berbeda. Belum lagi maskot yang dimiliki oleh perusahaan, produk hingga acara-acara tertentu. Yang paling menarik dari dunia permaskotan ini ialah jika setiap maskot memiliki media sosialnya sendiri. Ya ampun, ga ngerti lagi deh saya senengnya stalking medsos para maskot ini.

Dari ribuan maskot ini, saya ingin memperkenalkan Anda dengan Kumamon, maskot dari kota Kumamoto. Ia menjadi salah satu maskot terkaya dan menyumbang banyak sekali peran setelah gempa bumi yang terjadi di Jepang beberapa tahun yang lalu.

IMG_20180831_224210

Sebenarnya saya gak ngerti juga kenapa suka banget dengan Kumamon. Macam karakter pokemon lucu, terus ada di dunia nyata aja. Gemasnya kadang bikin kesel.

Selain Kumamon ada juga Chiitan. Chiitan memiliki karakter sebagai maskot yang selalu saja gagal. Apapun yang dia lakukan selalu gagal, antara kasihan tapi lucu banget ūüôą Tidak sedikit kejadian ketika Chiitan terjatuh dan menggelinding, atau ketika setelah bekerja berhari-hari, uang yang berhasil didapatkannya malah hilang, ngenes.

IMG_20180831_224222.JPG

Kedua maskot di atas merupakan dua dari sekian banyak maskot yang memiliki akun media sosialnya masing-masing. Jadi macam kita stalking medsos artis selebgram, ini kita stalking medsos si maskot yang isinya kebanyakan gak penting tapi menghibur banget.

Berbicara soal maskot tidak terlepas pula dengan maskot acara besar seperti Asian Games. Saya suka sekali dengan maskot Asian Games, lucu dan (cielah) berkarakter! Sayangnya Asian Games sebentar lagi akan berakhir, kehadiran maskot-maskot itu pastilah akan reda dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu :’) Padahal saya sudah membayangkan kalau maskot-maskot itu punya media sosialnya sendiri-sendiri, hahaha, liar amat.

Tidak sering saya lupa kalau maskot hanyalah seperti badut, bahwa ada orang-orang yang berada di balik kostum maskot-maskot tersebut.

Saya mendengar cerita dari teman, ada kejadian ketika salah satu maskot yang sedang berkumpul di event Maskot, pingsan karena kepanasan dan kekurangan oksigen. Lantas kejadian itu menarik perhatian seluruh maskot dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Bayangkan, lucu amat gak sih maskot yang pingsan terus dikerubungi maskot-maskot lucu lainnya. Lucu tapi kasian, yaelah serba salah banget. Mana suka ada event macam, lomba lari antar maskot, panggung hiburan, dsb. Duh gusti..

Advertisements

a week before the school starts

photo-1518604100146-5d90d05f1b58

I honestly have no idea what to do once the school started. I am currently still struggling about the business value that will be formed in the next two years, that is practically the reason why I’ve decided to start school in Magister of Management.

Now I start reading a book titled Change,¬†written by Rhenald Kasali for I think it wouldn’t be hurt in getting to know the teacher you will meet.¬† My office has a quite numerous of books I think I need and I am glad since this should help me a lot later. So far, the book tries to tell readers that even for company, they need to grow like how living things grow. The good company is a company which is able to grow and adapt toward the rapid developing era.¬†The older the age of a company, the more proving the company’s resilience in facing various business challenges. I did this brief research about the age of companies in Indonesia listed in IDX Jakarta and found out that the oldest are no more than 50 years, whilst there are some companies listed in Fortune 500 which age are more than 200 years. I understand that we could not compare the circumstance in Indonesia and in US, however what I really want to emphasize is the fact that of so many companies founded in between 1600-1800th, there are no more than 100 companies which are still existed until today.

Indonesia is indeed still have prospect for the future, but what I’ve learned through this book is that the living companies will always¬†pass the s curve, meaning, they will always start their companies from zero, then going up to the maybe the highest level of margin the companies ever had, but then, before they are starting to reach the bottom level of the curve, they need to think how to, instead let alone the company’s level is going down, increase¬†the companies performance so they could keep going up.

Corporate Life Cycles

No matter how good the copanies, theu will always be facing the fact that they will be one day need to improve or they will die someday. Ben Horowitz, one of the tycoon in Silicon Valley once said in his book titled The hard thing about hard things said that being a good company is an end in itself so the management have to think how to build a good company which will always grow.

PHOTO BY FERRAN FUSSALBA ROSELLO’¬†FROM UNSPLASH

Sudden obscure feelings that loom

I’ve been really enjoying this performance for years, but now, since I intend to share more of my favorite things in this blog,¬†there is no reason not to write about this song.¬†I honesty could not really remember when exactly the first time I listen to this Albinoni’s Adagio, however i would like to listen to this piece every time I want to allow myself to sink into any obscure feelings i am facing.

At the moment I am writing this post,¬†I’ve tried closing my eyes for a while, but in the end I still couldn’t make myself to sleep. That then made me decide to listen to some of my favorite musics. Although I am mostly enjoying classics, i honestly have only zero talent in musics. It has somehow never been easy for me to remember all the titles of songs I’ve favored, even to the most popular ones. I also have this difficulties in grouping musics genres. I understand that my inability are mostly caused by my passiveness. At the time I do believe that if the musics were so mattered to me, I will then naturally remember and will find a way to re-listen to them. That habit then transformed me to be a kind who¬†let alone the musics played without even trying to remember any of their titles.

Adagio itself means ‘slow’. In classical musics,¬†the term is usually used as a provisional or permanent title for a self-contained piece of music or a movement within a larger work; The title of the music above is Adagio in G Minor, meaning that the piece would be a kind of slow pace music. Beside Adagio, there are some other terms such as Largo (very slow), Larghetto (a little faster than Largo), Allegro (Fast), and so on. That simple understanding then ease me to find which kind of classics I’ve wanted to listen.

I don’t know why but I think this piece is very touching. Maybe because the pace is commonly slow, our brain then could be relaxed naturally only by listening to this. I read the historical debate behind this Adagio. Many believe that this piece wasn’t really written by Albinoni, but by the writer of Albinoni’s biography, Giazotto, for there was no proof of the historical artifacts. They even judged that Albinoni’s Adagio must be the biggest fraud ever happened in music history. At the end of the day, I could not avoid the fact that tho this mysterious piece might be somehow a fraud, it has undoubtedly become a beautiful fraud that has ever been composed.

a new beginning

photo-1527176930608-09cb256ab504

Dear readers, how are you? Have you been following my blog since 2007? You must realize that I have been erasing more and more writings as I reconsidered most of them as personal. From now on, I will only post writings related to my works and hobbies. I am still managing my other personal blog of books I read, you can somehow check on this link.

It really has been a while since my last writing here. There are so much things which were happened during these past months, a broken heart, constant failures,¬†and various other events which really drained my emotions and energy. Anyway here I am talking about¬†my new status as a corporate-slave who is also a student. This August I am officially becoming a student. I finally take a degree in management 10 years after my entrance of my undergraduate degree. Currently I take a degree in management at my former uni, at last, for I almost took the offer from one of prestigious Uni in England. Of course, things happened in a good way and I am happy being here for some personal reasons, tho I wouldn’t denied that there were the many times I felt so unworthy for not being able to get what I’ve wanted most.

Yes, I am now being one of the oldest when it is about my classmate lols. I’m grateful for finally having this chance for school, and I’d like to take my chance here very seriously. I know sometimes it is not easy when I have to balance between the work and the study, but life wont be this exciting without challenges.

Now I am going to continue my work. Thank you for keep visiting this blog again and again for years. Please contact me if you are one of the kind readers who regularly visit this cheap blog.

PHOTO BY OLIA FROM UNSPLASH

alertness

photo-1455761070998-b340f7060cd6

Beberapa waktu yang lalu, saya dinasehati oleh seorang mantan pramugari kepresiden pada masa Presiden Soeharto (tidak termasuk membesar-besarkan, tetapi ‘beliau’ cukup bangga kalau dikenal dengan cara seperti ini) . Usianya sudah cukup tua, kurang lebih 60 tahun, atau bahkan hampir mencapai 70 tahun. Namun dari pembawaannya, dia seperti wanita usia 50tahunan pada umumnya. Dia masih cepat dan tangkas, ingatannya tajam, dan yang lebih mengerikan, perfeksionis.

Dia menasehati saya kalau di dalam bekerja, kecerdasan saja tidak cukup. Kecerdasan memang sebuah modal yang baik, tetapi jika ditambah dengan alertness, maka saya akan menjadi jauh lebih baik. Inti dari pembicaraan ini sebenarnya, beliau melihat bahwa¬†saya memiliki satu hal yang dianggap kelemahan dan perlu diperbaiki. Apa itu? Ya alertness tadi. Baginya saya orangnya terlalu selow, yang bagi saya sebenarnya bentuk dari kehati-hatian. Beliau senang dengan ketanggapan saya yang sudah cukup, namun ketika mengerjakan sesuatu, saya lelet banget. Yha… Oke, saya terima :’).

Jadi, alertness, saya bukan hanya harus belajar semakin peka terhadap keadaan sekitar, tetapi juga bekerja cepat dan tangkas. Bismillah, terima kasih Madam, yang sudah berbaik hati di dalam membagi ilmunya.

Kini yang menjadi pertanyaan, bagaimana melatih alertness tadi?

Alertness¬†dilatih melalui pembiasaan. Lebih baik lagi jika dimulai dari lingkungan yang cenderung militan macam tentara karena kesiapsiagaan serta kedisiplinan sering menjadi poin utama di dalam kehidupan sehari-sehari mereka. Seluruh pramugari dan pramugara di maskapai BUMN ditempa secara militan. Terbayangkan, mereka yang sangat rupawan itu ternyata cukup ‘mengerikan’ dalam hal ketangkasan di dalam bekerja. Mana ada pramugari atau pramugara yang¬†selow macam alin :p poin utamanya ialah,¬†sang Madam meyakini kalau¬†alertness dapat dilatih dengan keinginan yang kuat, serta dapat bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

PHOTO BY SCOTT WEBB FROM UNSPLASH

vacuum

photo-1457732815361-daa98277e9c8

I am trying to be the old self when reading is only to seek immense peace and tranquility. Thus, I can see books as my true escapism.

Recently I have been in rally, reading much faster than I used to be. The faster I read, the more I am eager to trigger myself to be able to read much faster. I then created this new cycles of inadequacy. And sadly yes, I have become SUCH competitive being.

In most of my times, I am always wondering how much enough is. How much of anything is enough? I, as someone who impersonate as a new emergence young adult, tend to say never enough in everything I have achieved. Not that I think that is wrong, but I am starting to find that this never-enough tendencies is stressed me out since everything is underlie by the materialistic philosophical thinking and action.

So the control has already been there, in my inner self. I am the one who need to stop my heart to want more than I should have. Sometimes, I am so afraid that if I keep these tendencies continuously, what I have already had will be suddenly vanished, left me with a vacuum, so intense that I can not avoid in all my life.

Lord I cant help myself, but so scared.

PHOTO BY MOLLY BELLE FROM UNSPLASH

cerita tentang sang Imam

Dear readers,

Pertama-tama, saya minta maaf jika belakangan, konten tulisan-tulisan saya di sini lebih bertemakan religius dibandingkan sebelumnya. Sebenarnya, saya sudah memiliki wadah menulis hal-hal yang sifatnya religius di tumblr, namun karena saya adalah salah satu pengguna tumblr generasi pertama di Indonesia (ini kok jadi kaya nyombong, sih) jadi baru saya sadari kalau pengikut saya di tumblr jauh lebih banyak dibandingkan pengikut saya di blog ini :’) Lagipula, saya sudah menseting blog ini agar tidak terlacak di laman gugel sehingga saya merasa lebih aman menulis pikiran dan curahan hati di sini.

Baiklah, saya cukupkan saja pembukaannya sebelum terlanjur melantur lebih panjang.

Kali ini, saya ingin menulis tentang seorang Imam yang sangat saya kagumi. Bagi pembaca yang sudah mengenal diri saya secara personal, atau setidaknya sudah membaca tulisan saya sebelum ini, pasti sudah mengetahui kalau saya sangat mengagumi Imam Al Ghazali. Singkatnya, sebagai muslim yang berusaha untuk taat, saya mengenal ada empat imam yang mazhabnya diikuti oleh sebagian besar masyarakat muslim di dunia. Sebenarnya ada lebih dari empat Imam, namun seiring dengan berkembangnya zaman, pengikut Imam lainnya sudah habis regenerasinya hingga menyisakan hanya empat Imam dengan pengikut terbesar. Keempat Imam tersebut ialah Imam Hanafi, Imam Maliki, dan Imam Syafi’i, dan Imam Hanbali.

Lalu di mana letak Iman Al Ghazali?

Tenang, Imam Ghazali bukanlah Imam yang mahzabnya harus diikuti oleh masyarakat muslim. Dia sendiri tidak pernah menghendaki itu. Dengan tegas beliau mengatakan jika ia adalah pembela nomor satu Imam Syafi’i. Jadi, apapun yang ia tulis, tidak lain dan tidak bukan untuk mendukung apa yang Imam Syafi’i yakini. Di dalam tulisan ini, saya hanya akan menuliskan awal mula perkenalan saya dengan sang Imam dan bagaimana saya mulai mengagumi beliau.

Pada suatu hari di bulan Ramadhan, Ayah saya membacakan saya salah satu kitab yang ditulis oleh Ghazali. Lembaran kitab itu berwarna kuning, berbahasa arab dan berhuruf gundul. Bab yang ia bacakan ialah bab mengenai puasa. Karena mendengarnya sangat menarik, isi nya tidak serta-merta sama seperti ceramah tentang Puasa pada umumnya ketika menghadiri shalat tarawih berjamaah, saya penasaran dengan bukunya dan ingin sekali mengetahui isinya lebih dalam. Singkat cerita saya berhasil mendapatkan bukunya dengan cuma-cuma. Berikut ini ialah ulasan singkat mengenai kekaguman saya terhadap buku beliau yang judulnya, Ihya Ulumuddin, atau Al – Ihya. Awalnya, Ghazali menulis buku ini lantaran sudah terlalu banyak aliran islam di masanya karena adanya pengaruh-pengaruh pemikiran filsafat baru, Ihya Ulumuddin artinya ialah The revival of religious science. Al Ghazali ingin agar agama islam kembali pada asalnya, dalam hal ini, berpatokan pada mazhab Fiqh yang diikutinya.

Harus saya akui kalau buku ini belum sepenuhnya saya habiskan sehingga yang saya nilai di sini lebih bagaimana cara penulisan Al Ghazali ketika menulis kitab ini. Lagipula, jika saya harus mengulas dari segi konten, itu sangatlah sulit. Buku Ihya Ulumuddin sendiri menjadi salah satu kitab tertinggi yang dipelajari di pesantren-pesantren salaf sehingga ilmu saya jelas gak nyampe kalo harus mekso mengulas kontennya.

1. Kontennya sistematis

Al Ihya terdiri dari empat jilid. Setiap jilid masing-masing terdapat sepuluh Bab. Setiap Bab disusun berdasarkan logika yang sistematis, logika ilmu pengetahuan. Tidak aneh jika buku ini sering dijadikan acuan serta sasaran kritik dan penelitian oleh para ilmuan muslim. Berikut ini saya tampilkan konten dari tiap buku Al Ihya.

 

 

This slideshow requires JavaScript.

Dari konten yang dipaparkan di dalam setiap Bab, menurut saya cukup berurut, apalagi jika diingat pada zamannya kaidah ilmu pengetahuan tidak seberkembang masa sekarang. Bagaimana buku Al-Ihya diawali dengan Bab ilmu serta diakhiri dengan Bab menyoal kematian. Sejauh ini, saya hanya membaca Buku 1, dan itu pun tidak berurut, melainkan bergantung pada mood, jelas jika apa yang saya dapatkan dari membaca hanya sebatas sebagai pengetahuan saya dan bukan sebagai dasar saya untuk memaksa orang untuk satu pemikiran dengan saya.

2. Penulisannya pun sangat sistematis

Bagi beberapa ahli agama modern, tidak jarang yang mengkritik bahwa Buku Al Ihya sangatlah lemah karena sering memasukkan hadist-hadist yang tingkatannya dhaif, bahkan beberapa dibilang palsu.

Dhaif itu urusan para Ahli Ilmu Hadist. Di sini saya hanya ingin menunjukkan bagaimana beliau menuliskan pemikirannya.

Di setiap sub bab yang beliau tulis, akan diawali oleh ayat-ayat Quran yang membahas sub bab tersebut, lalu diikuti dengan seluruh hadist sahih yang membahas mengenai sub bab, hadist di bawah sahih, hingga yang dianggap dhaif. Tidak ada satupun pendapat pribadi yang sang Imam masukan. Berikut ini saya tampilkan tujuh halaman yang membahas mengenai Pentingnya Ilmu (Excellence of Learning). 

 

This slideshow requires JavaScript.

Membaca buku Al Ihya memang bagus sebagai pengetahuan, tetapi saya tidak berani memaparkan isi yang telah saya baca karena khawatir apa yang saya pahami dari setelah membaca buku ini rupanya kurang tepat. Bahkan di pesantren yang jelas-jelas membacanya pun dituntun oleh guru pun, masih perlu beberapa rangkaian tes untuk menilai apakah mereka yang telah diajari isinya ini paham betul, atau setengah paham. Ini untuk menghindari kesalahan penyampaian ilmu ke orang berikutnya.

Terakhir, ayah saya selalu mewanti-mewanti jika ingin belajar agama haruslah berhati-hati dan harus dengan guru. Ibaratkan dengan ilmu Hadist, belajar Agama pun perlu sanad. Kita berguru dengan Ustadz A, karena Ustadz A jelas berguru dengan Ustadz B, begitu seterusnya hingga sampai ke Nabi Muhammad SAW. Diskusi soal agama tentu dibolehkan, namun ketika dihadapkan pada pilihan-pilihan yang harus sesuai agama atau tidak, ikutilah ulama yang jelas-jelas mengabadikan hidupnya untuk murni belajar agama. Sebisa mungkin kita hampir tidak bisa berpatokan pada akal serta apa yang kita baca karena kita hanyalah orang awam yang mana belajar agama bukan menjadi hal utama di dalam hidup kita. Untuk itulah ada istilah taqlid, taqlid pada ulama-ulama yang sudah ber-ijtihad. Memilih ulama pun perlu berhati-hati, telusuri siapa guru dari ulama yang ingin kita ikuti. Jika tidak jelas sanadnya, maka jangan dijadikan patokan yang mutlak.

fase hidup

Dear readers,

Beberapa hari ini saya merasa kurang bersemangat. Saya tahu alasannya apa, tentu saja, sayangnya ini bukan menjadi hal yang pantas untuk saya ceritakan di ranah publik seperti blog. Singkatnya, saya hanya bekerja sesuai dengan daftar cek yang sudah saya susun di hari sebelumnya, berusaha menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan secepat mungkin sambil tetap berusaha hati-hati, lalu diam dan tidak memikirkan apa-apa.

Ada beberapa rencana yang sedang saya susun saat ini dan saya benar-benar tidak tahu bagaimana rencana ini akan berjalan ke depannya. Teman-teman saya di kantor menganggap saya lucu karena seperti orang yang  tidak bisa diam, alias, harus selalu memegang sesuatu untuk dikerjakan. Salah, mereka benar-benar salah karena tidak paham kalau saya sebenarnya sangat-sangat pemalas. Biarkan saya diam lima belas menit saja untuk tidak melakukan apapun, menit berikutnya saya benar-benar akan langsung malas mengerjakan apapun, bahkan yang sifatnya wajib. Menyadari itu, saya sadar kalau saya adalah orang yang tidak boleh sedikitpun dibiarkan diam tanpa melakukan apapun.

Saat saya masih duduk di bangku kuliah, saya senang sekali mencoba pengalaman-pengalaman baru tanpa berpikir apakah saya akan mampu melalui pengalaman-pengalaman tersebut. Saat membaca buku kumpulan catatan perjalanan bang Norman Edwin misalnya, saya langsung ingin menjadi petualang alam yang masih liar, lalu tadaaa, saya jadi anak mapala. Saat saya masih duduk di bangku kuliah, saya benar-benar bersyukur karena diberikan kesempatan demi kesempatan untuk mencoba hal-hal yang sama sekali baru dalam hidup saya. Sayangnya, saya tidak lagi menemukan kebebasan ini semenjak saya memasuki dunia kerja.

Dengan segala rasa hormat yang dapat saya berikan, saya sama sekali tidak pernah menganggap remeh dunia kerja. Kehidupan kita pada awalnya dimulai dari sebuah lingkaran yang sangat kecil, yakni keluarga. Semakin dewasa, lingkaran kita akan semakin besar serta proses untuk masuk ke dalam fase lingkaran berikutnya membutuhkan suatu usaha yang juga lebih besar dari sebelumnya. Usaha yang lebih besar tersebut sebenarnya sejalan dengan semakin besarnya pula tanggung jawab yang harus kita pikul ketika memasuki zona lingkaran baru yang lebih besar. Di dalam prosesnya, suka dan tidak suka, orang-orang akan datang dan pergi meninggalkan kenangan baik, buruk, atau biasa saja. Apakah mereka akan hadir memberi dukungan, atau tantangan hingga kita berhasil memperluas kenyamanan di zona yang baru.

Saat ini, saya hanya sedang berada di dalam suatu fase kehidupan yang menuntut saya untuk menciptakan zona kenyamanan baru di dalam lingkaran yang lebih besar. Sebagai manusia yang bebas, saya sadar kalau sebenarnya saya juga dihadapkan pada dua pilihan untuk melalui fase ini, yakni tetap maju atau kembali ke zona sebelumnya. Secara filosofis, kedua pilihan tersebut cukup berimbang, tidak selamanya benar dan tidak pula selamanya salah. Yang salah ialah ada pada perasaan menyesal yang muncul akibat dari pilihan yang telah kita putuskan.

Keseimbangan

Kematian bukan untuk memisahkan, melainkan menyempurnakan kehidupan. Sama halnya dengan kebahagiaan yang tidak akan pernah menjadi sempurna jika tanpa disertai kesedihan. Jadi, kematian hadir bukan untuk diratapi, namun disambut dengan perasaan siap melepaskan. Yang sulit adalah keterikatan. Manusia secara naluriah tidak pernah hidup sendiri, maka untuk menghindari kesepian, manusia pun menjaga keterikatan yang mereka ciptakan. Sampai pada suatu titik, umumnya mereka akan lupa jika keterikatan yang mereka ciptakan bukan untuk mereka miliki. Jadi, ketika mereka berpisah, kesedihan pun datang. Kesedihan bisa pergi tanpa menyakiti jika sedari awal manusia tidak pernah merasa memiliki keterikatan. Semuanya akan kembali pada pemiliknya. Jadi, perjalanan mereka yang pergi pun sebenarnya perjalanan pulang untuk kembali ke Dia yang adalah pemiliknya.

100 buku yang wajib dibaca selama Anda hidup versi BBC

Masih seputar buku, entah kenapa jadi ingin menulis tentang ini. Hitung-hitung saya menulis ini supaya selanjutnya saya bisa  buka dengan mudah, tidak perlu mengungkapkan keinginan pada tuan Google segala. Untuk versi kali ini sepertinya tidak sesulit versi sebelumnya. Keseratus buku versi BBC ini adalah,

Pride and Prejudice – Jane Austen
The Lord of the Rings – JRR Tolkien
Jane Eyre – Charlotte Bronte
Harry Potter series – JK Rowling
To Kill a Mockingbird – Harper Lee
The Bible – Council of Nicea
Wuthering Heights – Emily Bronte
Nineteen Eighty Four – George Orwell
His Dark Materials – Philip Pullman
Great Expectations – Charles Dickens
Little Women – Louisa M Alcott
Tess of the D’Urbervilles РThomas Hardy
Catch 22 – Joseph Heller
Complete Works of Shakespeare (And then some of the individual plays are also on this list?)
Rebecca – Daphne Du Maurier
The Hobbit – JRR Tolkien
Birdsong – Sebastian Faulk
Catcher in the Rye – JD Salinger
The Time Traveller’s Wife РAudrey Niffenegger
Middlemarch – George Eliot
Gone With The Wind – Margaret Mitchell
The Great Gatsby – F Scott Fitzgerald
Bleak House – Charles Dickens
War and Peace – Leo Tolstoy
The Hitch Hiker’s Guide to the Galaxy РDouglas Adams
Brideshead Revisited – Evelyn Waugh
Crime and Punishment – Fyodor Dostoyevsky
Grapes of Wrath – John Steinbeck
Alice in Wonderland – Lewis Carroll
The Wind in the Willows – Kenneth Grahame Anna Karenina – Leo Tolstoy
David Copperfield – Charles Dickens
Chronicles of Narnia – CS Lewis
Emma – Jane Austen
Persuasion – Jane Austen
The Lion, The Witch and The Wardrobe – CS Lewis
The Kite Runner – Khaled Hosseini
Captain Corelli’s Mandolin РLouis De Bernieres
Memoirs of a Geisha – Arthur Golden
Winnie the Pooh – AA Milne
Animal Farm – George Orwell
The Da Vinci Code – Dan Brown
One Hundred Years of Solitude – Gabriel Garcia Marquez
A Prayer for Owen Meaney – John Irving
The Woman in White – Wilkie Collins
Anne of Green Gables – LM Montgomery
Far From The Madding Crowd – Thomas Hardy
The Handmaid’s Tale РMargaret Atwood
Lord of the Flies – William Golding
Atonement – Ian McEwan
Life of Pi – Yann Martel
Dune – Frank Herbert
Cold Comfort Farm – Stella Gibbons
Sense and Sensibility – Jane Austen
A Suitable Boy – Vikram Seth
x The Shadow of the Wind – Carlos Ruiz Zafon
A Tale Of Two Cities – Charles Dickens
Brave New World – Aldous Huxley
The Curious Incident of the Dog in the Night-time – Mark Haddon
Love In The Time Of Cholera – Gabriel Garcia Marquez
Of Mice and Men – John Steinbeck
Lolita – Vladimir Nabokov
The Secret History – Donna Tartt
The Lovely Bones – Alice Sebold
Count of Monte Cristo – Alexandre Dumas
On The Road – Jack Kerouac
Jude the Obscure – Thomas Hardy
Bridget Jones’s Diary РHelen Fielding
Midnight’s Children РSalman Rushdie
Moby Dick – Herman Melville
Oliver Twist – Charles Dickens
Dracula – Bram Stoker
The Secret Garden – Frances Hodgson Burnett
Notes From A Small Island – Bill Bryson
Ulysses – James Joyce
The Bell Jar – Sylvia Plath
Swallows and Amazons – Arthur Ransome
Germinal – Emile Zola
Vanity Fair – William Makepeace Thackeray
Possession – AS Byatt
A Christmas Carol – Charles Dickens
Cloud Atlas – David Mitchell
The Color Purple – Alice Walker
The Remains of the Day – Kazuo Ishiguro
Madame Bovary – Gustave Flaubert
A Fine Balance – Rohinton Mistry
Charlotte’s Web РEB White
The Five People You Meet In Heaven – Mitch Albom
Adventures of Sherlock Holmes – Sir Arthur Conan Doyle
The Faraway Tree Collection – Enid Blyton
Heart of Darkness – Joseph Conrad
The Little Prince – Antoine De Saint-Exupery
The Wasp Factory – Iain Banks
Watership Down – Richard Adams
A Confederacy of Dunces – John Kennedy Toole
A Town Like Alice – Nevil Shute
The Three Musketeers – Alexandre Dumas
Hamlet – William Shakespeare
Charlie and the Chocolate Factory – Roald Dahl
Les Miserables – Victor Hugo

Beberapa buku ada yang disebutkan di dalam versi sebelumnya. Karena umumnya adalah novel yang beberapa sudah ada yang diadaptasi ke dalam film, perlu gak ya membaca ulang yang sudah diadaptasi itu? Bisakah ini disebut sebagai alasan yang bagus? Barangkali daftar-daftar ini dapat membantu Anda untuk menentukan bacaan selanjutnya yang mau dibaca.